Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Hutan rimba terdapat di kaki gunung, pegunungan, dan tempat-tempat yang tidak dihuni manusia. Hutan rimba ditumbuhi pepohonan rindang dan tumbuhan lebat. Hutan ini menjadi  penampung karbon dioksida, tempat tinggal hewan dan tanaman liar, modulator arus hidrologika, pelestari tanah, serta menjadi salah satu aspek biosfer Bumi terpenting.

Dari hutan rimba, siapa yang menyangka bahwa banyak ditemukan benda-benda unik dan langka di dalamnya. Berikut ini 3 temuan langka yang ada di hutan rimba.
  1. 1. Patung Kepala Raksasa
Seorang ahli filsafat bernama Oscar Rafael Padilla Lara menerima foto kepala batu raksasa yang terletak di suatu tempat di hutan Guatemala pada tahun 1987. Setelah mencari tahu dimana lokasinya dan bolak-balik mengunjungi hutan Guatemala, patung kepala raksasa itu ditemukan sekitar 6 mil dari desa La Democracia, di selatan Guatemala dengan tinggi kira-kira 20 kaki.
  1. 2. Bunga Rafflesia Raksasa
Bunga Rafflesia Raksasa (Rafflesia Arnoldii) ditemukan oleh Dr. Joseph Arnold saat melakukan ekspedisi bersama Thomas Stamford Raffles sebagai ketua ekspedisi. Nama latin bunga Rafflesia raksasa diambil dari gabungan nama mereka. Bunga Rafflesia raksasa ini ditemukan di hutan tropis Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Selatan, pada tahun 1818. Tanaman ini menjadi bunga terbesar di dunia dengan berat sekitar 24 kg dan tumbuh sekitar 3,3 meter.
  1. 3. Bola Batu Raksasa
Bola batu raksasa ditemukan saat para pekerja konstruksi membuka jalan untuk penanaman pohon pisang di tengah hutan lebat di Costa Rica pada tahun 1930-an. Bentuknya bulat penuh dan ukurannya bervariasi dari yang sebesar bola tenis hingga yang berdiameter 8 kaki dengan berat 16 ton. Batu-batu itu terbuat dari granodiorit yang tidak ada di Costa Rica.

Itulah 3 benda unik dan langka yang pernah ditemukan di hutan rimba. Benda-benda itu sangat beragam dari tanaman hingga jejak peninggalan dan karya manusia yang sampai sekarang masih abu-abu pembuatnya. Hutan rimba menjadi tempat yang penuh dengan sejarah dan peninggalan yang tak tergapai tangan manusia karena lebatnya hutan. Beberapa diantaranya sudah ditemukan lalu menjadi warisan budaya dan simbol daerah tersebut.