Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Bumi kita ditutupi oleh air dan hutan, tetapi apakah kamu tahu ada berapa jumlah pohon di dunia ini? Awalnya, sebuah penelitian menjelaskan bahwa ada 400 miliar pohon hidup di bumi kita. Faktanya, jumlah pohon kita ternyata lebih dari itu! Ternyata, ada 3 triliun pohon hidup di hutan hutan yang tersebar di dunia. Jumlah itu 7 kali lipat lebih banyak dari perhitungan awal peneliti. Namun, jumlah itu ternyata sudah berkurang 47% sejak awal peradaban bumi ini. Meskipun begitu, negara-negara ini memegang predikat negara dengan pohon paling banyak di dunia. Negara mana sajakah itu?

  1. 1. Rusia
Rusia menjadi negara dengan pohon terbanyak.  Para peneliti telah melakukan analisis jumlah pohon di Rusia dan data tersebut menunjukkan bahwa Rusia memiliki lebih dari 642 miliar pohon. Bahkan, daratan Rusia saat ini dipenuhi dengan 45% pohon. 
  1. 2. Kanada
Kanada memiliki 318 miliar pohon yang menutupi sekitar 40% lahan di Kanada ditutupi dengan pohon. Angka ini ternyata merupakan 30% dari hutan global, dengan pohon cemara sebagai spesies pohon paling dominan di Kanada.
  1. 3. Brasil
Brasil memiliki 302 miliar pohon, menjadikannya berada di urutan ketiga negara dengan hutan terbanyak.
  1. 4. Amerika Serikat
Amerika Serikat memiliki 228 miliar pohon, membuat 30% dari wilayah Amerika adalah hutan. Negara bagian Amerika Serikat dengan pohon terbanyak adalah Alaska. 
  1. 5. Tiongkok
Meskipun laju deforestasi di Tiongkok sangat kencang, pemerintah Tiongkok berusaha terus melestarikan hutan dengan melakukan proyek pelestarian hutan sejak tahun 1978. Tiongkok memiliki 140 miliar pohon yang menutupi 23% wilayah Tiongkok. 

Dengan adanya angka pohon yang fantastis itu, diharapkan manusia tidak sewenang-wenang dalam memanfaatkan sumber daya hutan. Kita masih harus melestarikan pohon-pohon yang masih ada di dunia ini untuk masa depan umat manusia dan bumi kita.