Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Deforestasi di Amazon Brasil akhirnya mencapai tingkat yang lebih rendah, sekitar 66% lebih rendah dibandingkan 6 tahun terakhir, menurut data awal yang dirilis oleh Institut Penelitian Luar Angkasa Nasional (INPE) Brasil pada Kamis, 3 Agustus.

Terjadi penurunan pembukaan lahan pada hutan hujan yang sangat signifikan dari Juli 2022 hingga Juli 2023. Sekitar 500 kilometer persegi hutan hujan dibabat untuk lahan pada Juli 2023, atau 987 kilometer persegi lebih rendah dari jumlah yang ditebang pada Juli 2023 (1.487 kilometer persegi).

Turunnya angka deforestasi hutan Amazon yang sangat signifikan ini diketahui terjadi sejak Luiz Inacio Lula da Silva diangkat sebagai presiden Brasil pada Januari lalu. Salah satu misi Luiz Inacio Lula da Silva sebagai presiden adalah mengurangi jumlah deforestasi. Tampaknya, Luiz Inacio Lula da Silva berhasil mencapai salah satu misinya melalui pengurangan deforestasi ini.

Marina Silva, menteri lingkungan Brasil, menegaskan bahwa pengurangan deforestasi Amazon Brasil juga telah dicapai melalui kebijakan tindakan deforestasi yang semakin ketat. Salah satu kebijakan yang lebih ketat dalam tindakan deforestasi adalah dengan memberikan denda kepada pelanggarnya.

Silva juga menjelaskan bahwa Luiz Inacio Lula da Silva menangani deforestasi lebih serius dibandingkan dengan pendahulunya, Jair Bolsonaro.