Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Mencangkok tanaman adalah cara perkembangbiakan tanaman melalui vegetatif buatan dengan cara mengupas ranting pohon sampai terlihat kambiumnya. Hal ini lumrah dilakukan sebagai alternatif menanam tumbuhan karena banyak sekali keuntungan yang didapatkan dari kualitas yang sama seperti induknya, lebih cepat berbuah, tanaman tidak terlalu tinggi, dan bisa dilakukan di media tanam pot. Meskipun memiliki nilai tingkat keberhasilan tinggi, mencangkok tanaman juga memerlukan faktor-faktor penunjang yang dapat membuatnya berhasil. Beberapa faktor yang menunjang keberhasilan mencangkok tanaman, antara lain:

  1. 1. Waktu Mencangkok

Musim hujan adalah waktu paling tepat untuk melakukan pencangkokan. Walaupun begitu, kita juga bisa mencangkok di musim kemarau asalkan tanaman cangkok tidak kekurangan air. Sering-seringlah menyiram tanaman cangkok baik tanaman induk maupun bagian yang dicangkok.

  1. 2. Bahan Batang/Cabang Cangkokan

Cabang cangkokan lebih baik menggunakan pohon induk yang tidak terlalu tua. Dahan yang tidak terlalu tua (biasanya berwarna coklat muda) adalah bagian cangkokan yang baik karena mengandung banyak bahan cadangan makanan (karbohidrat). Selain itu, memilih bahan cangkokan juga dilihat dari tingkat kesuburan, ukuran, kesehatan, kekuatan, dan sifat-sifat genetik yang menguntungkan.

  1. 3. Media Cangkok

Banyak jenis media cangkok yang bisa digunakan seperti mos, bubuk sabut kelapa, pupuk kandang, dan kompos. Pilihlah jenis media cangkok yang memiliki kemampuan baik dalam menyediakan hara dan mempertahankan kelembaban.

  1. 4. Pembungkus Media Cangkok

Ada bermacam-macam bahan untuk membungkus media cangkok, yaitu sabut kelapa, ijuk, kaleng bekas, pot plastik, bambu, dan plastik lembaran. Pembungkusan media cangkok memakai plastik menjadi pilihan yang banyak dilakukan sebab harganya murah, mudah diperoleh, sistem perakaran cangkokan dapat dilihat, dan cukup baik untuk mempertahankan kelembaban. Selain itu, menggunakan pot sebagai pembungkus media cangkok juga terbilang praktis. Jika sudah saatnya cabang cangkokan dipotong, bibit cangkokan sudah bisa disemai karena media yang digunakan sudah paten.

Itulah 4 faktor yang menunjang tingkat keberhasilan mencangkok tanaman. Faktor-faktor tersebut sering diabaikan dalam pencangkokan tanaman karena terlihat sepele. Hal itu juga diakibatkan oleh nilai keberhasilan pencangkokan yang tinggi. Namun, dari aspek kecil seperti hal-hal di atas, kita juga bisa menunjang keberhasilan pencangkokan menjadi lebih tinggi dengan hasil yang lebih maksimal.