Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Green Lifestyle, adalah sebuah kebiasaan baru yang dianjurkan. Tantangan perubahan iklim semakin nyata dan tidak terelakkan lagi. Berbagai upaya untuk memperlambat dampaknya terhadap Bumi telah diimplementasikan dan dilakukan oleh seluruh masyarakat dunia, dari mulai upaya dalam skala besar maupun yang skala kecil dan bisa dilakukan oleh individu. Salah satu upaya pengurangan perubahan iklim yang bisa dilakukan oleh individu adalah green lifestyle.

Green lifestyle
adalah pola dan gaya hidup yang menerapkan prinsip keberlanjutan, efisiensi sumber daya, dan kesadaran lingkungan. Hal ini dianggap dapat memberikan kendali pada dampak perubahan iklim. Dalam prinsip keberlanjutan, salah satu pola pikir yang diadopsi adalah bagaimana cara hidup seseorang bisa mendukung keberlangsungan kehidupan generasi selanjutnya di masa mendatang dan tidak mengancam lingkungan dan makhluk hidup. Misalnya: mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, memilah sampah, memilih belanja produk lokal, mengonsumsi makanan lokal, hemat air, hemat listrik, menggunakan kendaraan umum, melakukan penanaman pohon, dan lainnya.

Diharapkan, green lifestyle dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dan menjadi kebiasaan dan budaya baru yang positif dikalangan masyarakat berbagai kelompok usia. Selain berfokus pada prinsip ramah lingkungan, pelaku green lifestyle juga diharapkan bisa memperhatikan daya dukung lingkungan, baik yang berkaitan dengan pekerjaan, politik, pendidikan, hiburan, dan lainnya. Sebagai contoh, kebijakan-kebijakan atau izin lingkungan bagi investor diharapkan tetap berpihak pada keberlanjutan lingkungan dan masyarakat adat, serta, pembangunan infrastruktur atau fasilitas yang dilakukan tidak melebihi kapasitas daya dukung lingkungan yang sudah ada.

Green lifestyle membantu memberi penekanan pada masyarakat bahwa planet yang bisa dihuni oleh manusia hanyalah Bumi dan tidak ada planet cadangan lainnya. Apakah Teman Baik sudah melakukan perubahan dan berganti ke green lifestyle?  Jangan lupa follow media sosial dan download aplikasi BumiBaik untuk info lingkungan lainnya!