Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

Keanekaragaman hayati dan keberadaan hutan memiliki keterkaitan yang erat, yaitu sebagai penyokong kehidupan makhluk hidup dan sekaligus membantu menyuplai oksigen dan menyerap karbon dioksida.

Lalu, bagaimana keberadaan hutan bisa berpengaruh pada keanekaragaman hayati? Simak selengkapnya di bawah ini!

1. Penyuplai Oksigen dan Penyerap Karbon Dioksida
Setiap pohon yang ada di hutan memiliki kemampuan suplai oksigen, menyaring polutan udara, daya serap karbon dioksida, dan memberikan mutu udara yang diperukan untuk pernafasan makhluk hidup.

2. Menyuburkan Tanah
Seluruh pohon dan tumbuhan di hutan dapat menyuburkan tanah melalui daun-daun yang berguguran kemudian membusuk dan terurai di atas permukaan. Jika tanah subur, maka manusia dapat mengolahnya menjadi lahan penanaman pohon kembali.

3. Habitat Makhluk Hidup
Sebagian besar hewan makan, tinggal, dan hidup dari pohon dan tumbuhan tertentu. Ketika hutan mengalami kebakaran, atau penebangan liar, hewan-hewan akan berhamburan dan melakukan migrasi tak trekendali atau invasi ke area pemukiman warga.

4. Sumber Keanekaragaman Hayati
Berkaitan dengan fungsi hutan sebagai habitat, keberadaan tumbuhan dan pohon juga mendukung terjaganya keanekaragaman hayati yang dapat memberi manfaat untuk hewan yang hidup di hutan, dikonsumsi dan dijadikan obat oleh manusia yang hidup disekitarnya.

5. Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan
Keanekaragaman Hayati mendukung kehidupan dan memungkinkan manusia untuk beradaptasi dengan peningkatan kebutuhan hidupnya serta perubahan lingkunganya. Erosi keanekaragaman hayati yang berlangsung terus menerus mengindikasikan ketidakseimbangan antara peningkatan kebutuhan manusia dan kapasitas alam.

6. Keanekaragaman Hayati = Kelestarian Hutan
Keanekaragaman hayati memiliki peran vital untuk menjamin mutu udara, mutu air, mutu tanah, dan mutu lingkungan secara keseluruhan. Salah satu cara menjaga keanekaragaman hayati adalah dengan menjaga kelestarian hutan.

7. Tanam Pohon Bareng BumiBaik
Penanaman pohon adalah salah satu bentuk upaya melestarikan hutan. BumiBaik dapat menjembatani kamu dan perusahaan atau komunitasmu untuk melakukan kegiatan CSR atau aksi lingkungan secara nyata melalui implementasi penanaman pohon. Hubungi kami di 082130075758 dan download aplikasi BumiBaik di Playstore sekarang!

Download aplikasi BumiBaik agar tidak ketinggalan belajar tentang Bumi lewat artikel kami!

Referensi konten: Kementrian Lingkungan Hidup