Graha Polinema 4th Floor, Jl. Soekarno Hatta No.9, Malang City, East Java, Indonesia

image

PT Air Bersih Jawa Timur (Perseroda) sebagai perusahaan milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang mengelola air bersih di Umbulan, Kab. Pasuruan tidak hanya fokus pada operasional dan pemanfaatan air bersih dari mata air Umbulan, tetapi juga berkomitmen untuk menjaga dan melindungi ketersediaan air. Komitmen ini dibuktikan dengan kegiatan penanaman 3.000 pohon yang dilaksanakan Selasa, 17 Januari 2023 di Desa Puspo, Kec. Puspo, Kab. Pasuruan, tepatnya di Hutan Lindung Perum Perhutani RPH Puspo seluas 3 Ha yang dikelola Bersama LMDH Desa Puspo.

Budi Raharjo, S.E., M.Si., Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Jawa Timur, yang turut hadir pada kegiatan ini memberikan apresiasi kepada PT Air Bersih Jawa Timur yang telah menjalankan kewajiban penanaman pohon ini. “Sebagai Perseroda milik Pemprov Jatim, PT Air Bersih mempunyai komitmen dan patuh terhadap Peraturan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dalam menjalankan kewajiban melestarikan lingkungan hidup sebagai bagian dari rekomendasi dan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup Kab. Pasuruan,” jelas Budi Raharjo.

Selain itu, Direktur Utama PT Air Bersih Jawa Timur, Ir. Joko Triono, mengungkapkan bahwa PT Air Bersih Jawa Timur akan selalu berkomitmen untuk melindungi dan menjaga kondisi daerah tangkapan air mata air yang dikelola PT Air Bersih Jawa Timur di Kabupaten Pasuruan. “Selama 8 tahun lebih, PT Air Bersih Jawa Timur selalu melakukan penanaman pohon, baik di lereng Gunung Arjuna sebagai hulu air yang diambil di kawasan PIER Rembang, maupun di lereng Gunung Bromo sebagai hulu mata air Umbulan yang saat ini dikelola oleh PT Air Bersih Jawa Timur,” ujar Joko Triono. 

Kegiatan penanaman pohon ini turut menggandeng Yayasan Cempaka sebagai mitra telah merancang program konservasi hutan dan daerah tangkapan air yang tidak hanya penanaman saja, tetapi juga termasuk perawatan, pemberdayaan masyarakat dan pengawasan pohon selama satu tahun ke depan. “Yayasan Cempaka selalu mengedepankan proses perawatan dan pelibatan masyarakat dalam merawat pohon yang telah ditanam, sehingga keberlanjutan pohon akan terjamin,” tegas Sarifudin Lathif, Direktur Yayasan Cempaka.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh DLH Kabupaten Pasuruan, Perum Perhutani KPH Pasuruan, KRPH Puspo dan Keduwung, Forum DAS Pasuruan, MUSPIKA Puspo yang dihadiri Sekcam, Kapolsek dan Danramil Kecamatan Puspo, serta perwakilan masyarakat dan LMDH Duta Rimba Sejahtera Puspo.

Program ini dilaksanakan untuk menjalankan Program Komitmen Konservasi Daerah Tangkapan Air PT Air Bersih Jawa Timur (Perseroda) di bidang pelestarian lingkungan hidup untuk memenuhi rekomendasi dan arahan dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasuruan, yaitu dengan memperbaiki tutupan lahan daerah tangkapan air sekitar DAS Rejoso maupun DAS Petung melalui perbaikan vegetasi dan peningkatan ekonomi masyarakat melalui penanaman 3.000 pohon yang terdiri dari 1.000 bibit pohon alpukat, 1.500 bibit pohon kopi, dan 500 bibit pohon durian.